Sejarah Singkat Pulau Tidung

Sejarah Singkat Pulau Tidung - Pulau Tidung merupakan salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Tidung terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil dengan luas kurang lebih 109 hektar ini memiliki penduduk sekitar 4000 jiwa.

Penduduk Asli Pulau Tidung

Warga Pulau Tidung terbagi atas 2 suku keturunan yaitu suku Tidung Kalimantan yang dibawa oleh Raja Pandita serta suku Tidung Banten yang dibawa oleh Ki Turuf/Panglima Hitam dari Kerajaan Syarif Hidayah Tullah Cirebon.Oleh karena perpaduan ini maka aksen berbicara penduduk Pulau Tidung menjadi unik.

Asala Mula Nama Tidung

Konon Nama Tidung sendiri telah diberikan oleh Raja Pandita yang berasal dari Kalimantan dengan mengambil dari nama suku Tidung di Kalimantan. Raja Pandita adalah seorang bangsawan yang sangat kharismatik dan hebat yang pada masanya aktif menentang imperialisme Belanda dan kemudian beliau diasingkan di pulau yang dinamakan Tidung ini.  Ada juga cerita yang mengatakan bahwa Ki Turuf yang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini dan menamainya Tidung.
Entah cerita mana yang sebenarnya, tapi yang perlu di garis bawahi adalah Pulau Tidung menjadi saksi sejarah adanya 2 orang besar yang pernah tinggal dan wafat disana. Dan sampai saat ini pulau tidung semakin banyak penduduknya.
Disisi lain, pulau tidung juga menjadi pusat pariwisata terpopuler saat ini di Indonesia. Jika anda berminat liburan ke pulau tidung, silahkan datang ke lokasi wisata Pulau Tidung