Sejarah Terbentuknya Bandt@ (Band Of Tarbiyah) INISNU Tahunan Jepara

Sejarah terbentuknya organisasi musik bandt@ kampus INISNU Tahunan Jepara sangat panjang. Dari mulai belum diakuinya organisasi satu ini karena bertolak belakang dengan visi misi kampus institut islam nahdlatul ulama' (INISNU JEPARA). Sebab pada zaman itu bandta dianggap hanya sebuah organisasi yang tidak bermanfaat karena berkaitan dengan musik atau band. Namun atas tekad para pencinta dan hobi musik ini, maka band of tarbiyah yang dulunya belum diakui sekarang bisa lebih dipandang oleh beberapa dosen pengajar. Berikut toko blog kutip sejarah lahirnya bandt@ di kampus INISNU Tahunan Jepara.

Kampus INISNU Jepara

Satu tahun berjalan berangkat dari awal OSPEK/POSSKA INISNU tahun 1999-2001, banyak kawan-kawan Mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat di berbagai bidang seni terutama bidang seni tarik suara dan bidang instrumental musik. Bidang yang pernah digelutinya waktu masih duduk di SMA/MA tidak yang mungkin ditinggalkan bagitu saja. Sehingga ketika sudah masuk di Perguruan Tinggi INISNU, mereka mencoba berkumpul-kumpul untuk NgeJam's/bermain musik-tarik suara bareng mulai di basecamp, parkir, Studio musik dan di panggung hiburan lintas kampus ketika ada event tentunya.

        Bakat-Minat tersebut terakomodir dalam Devisi pengembangan bakat dan kreatifitas diawal kepengurusan Sdr. Irfan Rosyadi selaku Presiden BEM Fakultas Tarbiyah periode 2002/2003 terakomodir dalam sebuah group musik/Band yang dibentuk dan dipromotori saudara Moh. Atho'illah bernamakan UK2MI (Unit Kegiatan Khusus musik INISNU). Tetapi legalisasi dari kalangan Mahasiswa sendiri lebih tahu bahwa group Musik/Band miliknya Fakultas Tarbiyah tersebut bukanlah UK2MI melainkan BANDT@ yang akhirnya dibekenkan namanya hingga sekarang. BANDT@ sendiri berjalan mulai dari kepengurusan Sdr. Irfan Rosyadi, kepengurusan Sdri. Unsafiroh selaku Presiden BEMF Tarbiyah periode 2003/2004 dan kepengurusan Sdr. Hafidz AM. selaku Presiden BEMF Tarbiyah periode 2004/2005. dengan beberapa Anggota yang sudah masuk dalam BANDT@ itu sendiri adalah:

1. Moh. Athoillah (Mhsw 2001) ; Gitar Bass/Rythm
2. Darussalam (Mhsw 2001) ; Gitar Melodi/Bass/Drum
3. Jamal Mukhlis (Mhsw 2001) ; Gitar Rythm/Keyboard
4. Abdurrohim (Mhsw 2001) ; Vokal
5. Nardi (Mhsw 1999) ; Gitar Melodi
6. Bambang (Mhsw 1999) ; Vokal
7. Irfan Rosyadi (Mhsw 1999) : Gitar Rythm
8. Mukhlas Afroni (Mhs Fakultas Syari'ah 2002) ; Drum
9. Abdul Minan Ali (Mhsw 2003) ; Vokal
        
Menurut versi lain Bant@ didirikan 11 Juni 2003 dengan personil awal


sUNARDI, S.Pd.I Gitar dan Melody

Kusdiyanto.S.Pd.I Bass

Bamabang Susuanto dan Gatot Seno,S.Pd.I Vokalis

Eko Drumer (STTDNU}
  1 orang Gitaris dari  Kampus STIENU Jepara.



Kemudian mengalami beberapa perubahan struktur dan sempat mati suri tahun 2005 namun behasil dikembangkan lagi
          Diawal kepengurusan Sdr. Hafidz AM (2004/2005), anggota BANDT@ mulai melemah; banyak kesibukan dari masing-masing personel mulai melupakan BANDT@. Disebabkan pekerjaan, organisasi lain, kuliyah, pembuatan skripsi dan wisuda, ada juga yang nikah hingga pada akhirnya bubar.
         Diawal kepengurusan Sdri. Zuliani Maftuhah selaku Presiden BEMF Tarbiyah periode 2005/2006, BANDT@ mulai tumbuh (show saat OSPEK) walaupun belum mempunyai personil tetap yang dikoordinatori oleh Sdr. Ismail Isna Umar (maol).
          Dari masa ke masa kini saatnya BANDT@ menunjukkan eksistensinya dimasa Sdr. Ismail Isna Umar sebagai Presiden BEM Fakultas Tarbiyah (2006/2007) lagu yang di mainkan awalnya adalah lagu-lagu bergender POP alternatif dengan tujuan bagaimana BANDT@ bisa tetap eksis dan dapat berperan serta dalam dunia musik Jepara, dari hasil pertemuan kecil (bulan Januari 2007) dengan kader-kader semester awal yang sangat merespon dengan keberadaan BANDT@, sedangkan personil pada waktu itu adalah yang tersaring adalah : 
  1. Ahmad Maulana; melodi (senenan)
  2. Syaiful Khobir ; gitar ritem (Bawu)
  3. M.Firman ; bass, (pekalongan)
  4. Maol ; drum, (kerso)
  5. Hesty (bawu), Zaenal (demak) & Wawan (guyangan) ; kesemuanya menjadi vocal. 
          Dari situlah BANDT@ semakin berkembang dan ikut meramaikan dunia musik dan intertainer Jepara, walaupun pada saat itu terjadi kontra antara pemain grup Bandt@ dalam pemilihan gender musik. Tapi dengan semangat ingin memajukan menghidupkan Bandt@ akhirnya Bandt@ tetap eksis sampai saat ini.
         Pada kepengurusan BANDT@ yang menegeriali Sdr. Firman akhirnya BANDT@ mendapat respon positif dari pihak dekanat sehingga DIRESMIKAN pada tanggal 27 Juni 2007oleh Bpk. Abdul Razak Alkam, M.Ag

          Periode Sdr. Miftahurrahman 2007/2008 sebagai pemegang kekuasaan BEM Fakultas Tarbiyah dari kader awal saat ospek ternyata banyak banget kader yang mempunyai bakat dan minat seni musik sehingga pengurus mengadakan acara yang dikemas dalam Penerimaan Anggota Baru dan Music Ramadhan (regenerasi I ) yang diikuti lebih dari 25 orang calon anggota BANDT@ dari tiga fakultas (tarbiyah, syariah dan dakwah) dan hasil acara tersebut menghasilkan 2 group band.
  • Bandt@ terbaru ini atau bandt@ II di anggotai oleh :
  1. Heru, Aziz, sukahar (vokal)
  2. Noval amri dan Karomi (Drum)
  3. Nur Cholis (melodi)
  4. Arif ( Bass)
  5. rosyadi (ritem)
      Dari pemain-pemain baru inilah, bandt@ yang dulu di eksiskan oleh maulana dan kawan-kawan di ambil alih oleh Bandt@ II ini, sebagai regenerasi berikutnya. Dan sampai pada akhirnya regenerasi berikutnya.
  • Bandt@ III dari kepengurusan zaenal arifin, di anggotai oleh :
  1. Nur Ahmad Shodikin ( Bass )
  2. Heri Prasetyo (Keyboad)
  3. Dian mutiasani, Zaetun (Vokal)
  4. Agus (Drum)
  • Bandt@ IV kepengurusan Syaiful Khobir :
Group band 1
  1. Rosi dan Ulil/Monox (vokal)
  2. Samsul/sem ( melodi)
  3. Misbah ( ritem)
  4. Solikan (bass)
  5. Habib (drum)
Group Band 2 
   1. Randy (Vokalis)
   2. Ihsan (Bassis)
   3. Solikul (Gitaris)
   4. Gokil (Drum)
          Dari periode ini lebih banyak lagi para anggota bandt@ yang tersaring, namun kesemuanya dijadikan sebagai  crew, atau ada sebagian yang menjadi pemain editional player. dalam regenerasi ke III ini di ikuti kurang lebih 25 orang. ada yang di ikutkan pada paduan suara di kampus INISNU jepara. pada periode ini Bandt@ mengajukan Menjadi UKK. dan masih dalam proses. karena pada saat ini Bandt@ baru menjadi UKP yang belum di akui oleh kampus INISNU sendiri.

"Manager Bandt@ dan kegiatan yang dihasilkan" Setelah diresmikan oleh Bpk Alkam sekaligus pembantu dekan Fak. Tarbiyah Inisnu Jepara

  • Manager pertama adalah sahabat M. Firmansyah 2007-2008
Sahabat Firman
  • Manager kedua adalah sahabat ZaenalArifin menjabat pada periode 2008-2009 (berhasil mengadakan parade band pertama se-Kabupaten Jepara Tingkat Pelajar dalam rangka ultah Bandt@)
Sahabat Zaenal
  • Manager ketiga adalah sahabat Syaiful Khobir Menjabat pada periode 2009-2010 (Berhasil melanjutkan progja tahunan yaitu mengadakan parade band tingkat Se-Eks karesidenan Pati Tingkat Umum dalam rangka ultah Bandt@ dan telah ada video hasil perlombaan. Bagi yang berminat memperoleh videonya hubungi mas syaiful)
  • Sahabat Saiful
  • Manager KeEmpat Saudara Agus. (Namun pada periode ini sahabat agus mengundurkan diri dari jabatan manager bandt@ dikarenakan dia sudah keluar dari kampus INISNU, Kemudian digantikan oleh sahabat Sukahar hingga saat ini).
Beberapa Foto Koleksi para anggota Bandt@ 

Personil Bandt@ angkatan 2009/2010

Regenerasi Bandt@ ke 2

Acara Parade SE-Eks Karesidenan pati

Acara Parade Pelajar Jepara

Performance Personil Bandt@ Saat Pentas
Itulah sekilas sejarah lahirnya dan terbentuknya organisasi BANDT@ INISNU Jepara yang sahabat bisa jadikan sumber referensi. Anda juga bisa kunjungi Blog/Website Inisnu.