3 Hal Penting Memulai Belajar Ngeblog dan Harus dihindari Blogger

3 Hal Penting Memulai Belajar Ngeblog dan Harus dihindari Blogger - Maaf sebelumnya semua tulisan tips Search Engine Optimation yang saya tulis Toko Blog hanya bermaksud untuk mencari jawaban rahasia SEo sebenarnya. Bukan maksud menggurui hanya sharing bersama blogger. Pada tulisan kali ini ada sedikit pengalaman pertama memulai ngeblog yang ternyata banyak kekeliruan/ kesalahan yang saya sadari sekarang ini dan mungkin juga dialami sobat semua. Saya memberikan judul 3 hal yang harus dihindari saat memulai belajar ngeblog. Ini sedikit pengalaman Toko Blog yang mungkin bisa membantu sobat blogger yang saat ini baru merintis karir di dunia bisnis online khususnya. Serius amat sob :-)

Beberapa hal yang harus dihindari blogger pemula (seperti saya juga kok sob :-D) agar gak mengalami kegagalan saya bagi jadi 3 (tiga) point, yaitu


kesalahan+blogger+pemula

1. Rubah Mindset/Pola Pikir sobat
Ceh ileh sok tahu kali zaw Toko Blog apa itu Mindset? (baca WikiPedia) :P. Ini sebenarnya apa yang saya alami saat pertama kenal sama dunia blogging termasuk blogspot(80% lebih masyrakat Indonesia belajar blog dari blog gratis dan separu lebih memakai platform Blogger.com, katanya cih :D). Mindset/ Pola Pikir adalah unsur utama dalam Dasar Belajar Blog, bahkan juga dalam kehidupan sehari-hari sob.

Saya contohkan seorang sales elektronik yang setiap bulannya dikejar target penjualan tanpa disadari ia selalu berhasil mencapai target yang dikerjakannya walaupun tiap bulan dinaikkan target penjualannya. Apa rahasianya? Apakah pakai jimat dari mbah Google dukun sehingga pembeli tertarik dan mau membeli produknya? Ternyata semua salah sob, yg menjadikan sales tersebut berhasil ialah ia sendiri dengan usaha dan keyakinan serta ridho Tuhan. (Kok tahu nih toko blog? pengalaman sob he…:-D). Keyakinan inilah yang saya pahami sebagai pola pikir yang mengandung makna yakin yang diolah dari otak diresapi dalam hati sehingga menumbuhkan sebuah kata “Saya pasti Bisa menargetkan itu semua”.  Ingat berbeda dengan kata “kemungkina saya Bisa menargetkannya” antara Sadar dan gak sadar otak alam bawah sadar kita sob ikut membantu selain juga Ridho Tuhan yang sangat besar.

Dari analisa gabrul saya :-D, jika diaplikasikan Mindset dengan memulai belajar ngeblog bahkan bisnis online sangat terkait sekali. Pengalaman saya saat belajar blog ialah saya mengenal juga sistem bisnis online yang gak sengaja saya baca di sebuah iklan PPC yang Toko Blog klik ketika mencari referensi belajar Seo. Kesalahannya ialah saya meyakini dengan sebuah blog bisa menghasilkan jutaan bahkan puluhan JUta rupiyah dalam sekejap (walaupun kenyataannya benar sob). Sehingga saat itu juga pola pikir/mindset saya berubah jadi gak waras dari Cuma iseng-iseng nulis di blog gratis berubah seketika dengan mengikuti beberapa program bisnis dari internet (PTC, PPC, Affiliate, dll).

Apa yang terjadi pada saya setelah gila bisnis online sob? Apakah jadi kaya? (kaya monyet iya :-D) Ternyata apa yang saya kerjakan salah kaprah. Dimana letak kesalahannya? Ini yang sobat blogger harus perhatikan zaw, bahwa saya mengedepankan dan mengimpikan penghasilan dari internet bukan mementingkan ilmu belajar blogging dulu. Alhasil karena saya gak dapat sepeserpun dari bisnis online (PPC/Adsense, PTC/Pay to Click, dll) akhirnya kabur dari peredaran blogger Indonesia dan sempat berhenti selama 7 bulan, bisa lihat arsip Toko Blog pada bulan tersebut jarang ada artikelnya L.

Pelajaran buat sobat jika sobat memang berniat menekuni bisnis internet khususnya para blogger yang biasanya ikut-ikutan pasang iklan PPC/Pay Per klick di blognya (GooGle AdSense, Kumpul Blogger, AdSenseCamp, Klik Saya DKK) untuk tidak terjebak dengan hanya berusaha memperoleh banyak klick buat iklannya dan terbayang-bayang duitnya.  

Mulailah dengan belajar blog yang baik (Menulis artikel, Menguasai Teknik SEo, Meningkatkan trafik blog, menaikkan PageRank yang telah toko blog bahas di langkah dasar seo dan memiliki blog yang banyak pengunjung. Semakin banyak kesempatan iklan Google Adsense/produk kita di klick dan produk apapun yang kita miliki cepat terjual dengan toko online yang kita miliki. Mindset/pola pikir anda ialah belajar blogging sambil meraih rizki dan semata-mata bukan mengimpikan cepat kaya dari internet. INGAT gak usah mikirin duit, toh masih ada Ridho Tuhan yang akan membagi rizki pada sobat. :-D

2. Manajement Waktu
Wah kok materinya rada gak nyabung sama blogger zaw sob :-).  Manajement atau mengatur waktu juga penting bagi segala urusan kita termasuk ngeblog kan… Managenament waktu berselancar di internet kadang kita tidak sadari banyak waktu yang sia-sia. Contoh kecil pengalaman saya aja tentunya, Sebelumnya ada pertanyaan buat sobat. Apakah sobat merencanakan yang akan dipelajari saat online? apabila iya itu bagus. Karena semua kerjaan tanpa rencana akan tidak tertuju.

Apakah anda benar-benar menyelesaikan rencana pertama sobat saat sudah online? Nah ini dia yang semua blogger pemula lakukan termasuk saya. Saat rencana dari rumah pergi ke warnet terus mau cari ilmu meningkatkan trafik blog berlipat ganda, eh gak tahunya kepincut sama bisnis online yang baru. Jadi lupa daratan terus sobat semakin menjadi-jadi dengan buka situs apa yaw??? Alhasil uang jatah kewarnet telah habis dan pulang-pulang dapetnya cuma terbayang sama wajah cantik yang di pantengin di warnet tadi.. he… apaan mas? Ikut donxxx

Pelajaran buat sobat blogger rencanakan apa yang akan di tuju di internet, laksanakan rencana tersebut, simpan file yang sobat dapat jika gak memungkinkan dipahami/pelajari di warnet tersebut, setelah paham praktekkan. Maka waktu sobat gak akan terbuang hanya cuma nikmatin dosa terindah di dunia maya. :)

3. Jangan Asal-asalan dong‼!
Wah makin ngawur aja nih judulnya sob. J Tapi toh ada rahasia dibalik rahasia judulnya xixixi..;-D Maksud saya kali ini sangat umum banget. Yang utama sobat jangan Asal-Asalan dong kasih nama blog juragan. Sobat bisa lihat alamat Toko Blog kan? (tok0blog.blogspot.com) jangan meniru penamaan domain seperti ini zaw. Mengapa? [lihat kenapa Toko Blog] karena telah terlanjur menulis banyak di Toko Blog jadi sayang ganti nama sob. :-D. Maksudnya pilihlah nama domain/subdomain yang mudah diingat, kan rencana bikin blog juga biar terkenal kan? Kalau url blog sobat sulit dihafal dan dieja kan kasihan yang mau balik lagi ke website/blog sobat. Pilih juga nama domain sesuai tema isi blog anda atau bisa kasih nama anda juga ini lebih baik ketimbang suBDomain tok0blog.blogspot.com. Jangan menyisipkan angka ditengah nama domain, lebih baik pake garis penghubung (-) atau terpaksa kasih angka di akhir nama domain aja.

Selanjutnya jangan Asal-asalan copas/copy paste artikel blog lain tanpa menyisipkan link urlnya. Toh seandainya artikel sobat yang di tulis dengan proses lama ternyata juga di Copas orang lain tanpa kasih link blog kita, apa yang sobat rasakan?? Bahagia zaw? Aduh baik banget ente sob.. Padahal sebuah link bisa sangat membantu untuk meningkatkan trafik dan PageRank blog kita, seperti pada Cord Gitar blog saya sob, Paga rank naik berkat bantuan link dari blog teman.

Jangan asal-asalan kasih judul dan tulis artikel sob. Mengapa penting memilih judul dan artikel yang berkualitas? Yaw penting banget menurut ToKo Blog, karena ini juga termasuk tips yang saya tulis di langkah seo blog. Untuk bisa membuat judul dan tulisan yang berkualitas memang butuh praktek yang lebih sob.

Dan yang terakhir dan paling penting diantara semua tulisan ini ialah sobat jangan asal-asalan pergi meninggalkan Toko BloG tanpa Berkomentar, Follow Tutorial Blog dan twitter saya, jadi Fans Toko Blog di FB, Tukar link Toko BloG dan pakai Jasa Pembuatan Google Adsense dari saya. He he he promosi dikit zaw :-D. Oke deh sekian pengalaman dari saya yang mungkin bisa membantu sobat untuk menjadi blogger sejatidengan mengamalkan 3 langkah yang harus dipahami saat memulai belajar ngeblog.