cara ganti template blogger

postingan ini saya peruntukkan buat kalian yang pernah mengalami seperti saya dulu, yang masih kebingungan ketika mendesain blog agar menarik dan dilihat profesional. dengan adanya menu horisontal di atas. dasar yang utama adalah mengganti template blog kamu yang masih sederhana. dan bisa berubah jadi blog yang seperti blog saya ini, toko blog atau bisa lihat blog yang lain yang lebih bagus. pada dasarnya blog bisa kelihatan menarik adalah dengan adanya menu pilihan yang terletak di atas postingan. seperti ada Home, belajar blog, dapat duit, artikel, dll. itu semua adalah cara desain template blog dengan mengganti templatenya aja. dan kamu bisa download beberapa template terbaru dan pastinya gratis di zoomtamplate.buka tautan tersebut dan pilih template yang kamu suka. kemudian download template tersebut dan simpan.
langkah berikutnya adalah mengedit blog anda
Pastikan Anda telah memili file template untuk blogspot yang berekstensi .XML. Bahasa XML adalah masih keluarga dari HTML dan XHTML dan merupakan standar bahasa web yang bisa diterjemahkan oleh browser internet menjadi susunan yang sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah layout atau desain dari website/blog. dan biasanya file dalam bentuk .rar. kamu extrax dulu, dan pilih file dengan ekstensi .xml ( toko blog.xml)
Silakan Login menggunakan account blogger/Google Anda, lalu pilih salah satu blog Anda dan pilih edit rancangan = > edit html.(maaf tutorial ini menggunakan setting bahasa Inggris, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia maka letak dan posisinya adalah sama).
Langkah 1:
Pilih menu Layout - Edit HTML

 Langkah 2:
Klik tombol Browse, cari lokasi penyimpanan file .xml Anda. Dalam contoh ini saya memakai template contoh (toko blog.xml) atau file yang telah kamu download.

Langkah 3:
Klik tombol Upload, pastikan tidak ada error seperti terlihat pada gambar di bawah

  jika ada tulisan di bawah ini. ini adalah peringatan apakah ingin mempertahankan widget anda. plih cancel aja agar template lebih sempurna. peringatan ini akan seperti gambar di bawah ini: ganti_template_blogspot_2
Langkah 4:
Klik tombol SAVE TEMPLATE


dan template blog anda yang baru bisa anda lihat. jika anda pernah edit html maka selanjutnya untuk mendesain blog anda jadi lebih indah maka akan sangat mudah. dengan hanya bermain kode pada html ini. 

yang paling penting adalah masukkan alamat link menu horisontal di atas dengan link blog yang anda tuju. jika ngin lebih jelas bisa tunggu postingan berikutnya tentang cara masukkan link pada menu blog.