Contoh RPP Berkarakter EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)

Contoh RPP Berkarakter EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) - Contoh pembuatan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebelumnya pernah Toko Blog tulis namun masih dalam susunan atau rangkaian RPP lama. [baca contoh rpp]. Untuk pembuatan RPP yang baik dan benar sesuai dengan permendiknas atau permenag ialah titambah karakter dari setiap indikator rpp.

Contoh RPP Terbaru

Selain karakter juga ada penambahan EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) dimana ini di buat pada proses pembelajaran. Dan kali ini toko blog dot net akan memberikan sampel RPP dari sekolah dasar (SD), SMP, SMA, kalau sebelumnya contoh rpp untuk madrasah seperti Madrasai Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (mts) madrasah Aliyah  (MA). 
Contoh RPP Berkarakter EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)

Berikut contoh komponen pembuatan RPP berkarakter (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi. 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Contoh RPP Terbaru

Sekolah                          : ....................................
Mata Pelajaran               : B. Indonesia
Kelas/Semester               : VII/2
Standar Kompetensi       : Mendengarkan 


  1.  ( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)         
Kopetensi dasar    :
  1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu       : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
  2. Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
  3. Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

Karakter siswa yang diharapkan : 

  • Dapat dipercaya ( Trustworthines
  • Rasa hormat dan perhatian ( respect 
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )

B.    Materi Pembelajaran

Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana


C.    Metode Pembelajaran

Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara tentang tokoh idola


D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi : 

  1. Peserta didik Membacakan teks berita
  2. Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
  3. Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab

Motivasi : 

  1. Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

Kegitan Inti

  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  1. Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  2. Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  3. melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  4. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  5. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;


RPP Berkarakter - 
Contoh RPP Terbaru
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1. Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  2. Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  3. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  • Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  3. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  5. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  6. membantu menyelesaikan masalah;
  7. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:

  1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  5. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.    Sumber Belajar

  • Bagan identifikasi pengalaman
  • Gambar
  • VCD
  • Narasumber
  • Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Sekian contoh RPP terbaru berkarakter (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) yang baik dan benar sesuai standar pemerintah. Untuk pelajran yang lain bisa anda ganti sesuai silabus yang ada. Misal pelajaran matematika, b. Inggris, PKN, IPA, IPS, fisika, kimia, PAI, biologi, sosiologi, akuntansi, ekonomi, B. arab, penjaskes, dll. Baca juga metode belajar mengajar untuk kesempurnaan mengajar anda setelah memahami Contoh RPP Berkarakter ini.
.