Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools | Google Webmaster Tools

Daftar Google Webmaster Tools  | Google Webmaster Tools - Setelah sobat berhasil mempelajari dan mempraktekkan langkah dasar seo on page (baca ; Langkah awal belajar seo blog) kali ini Toko Blog akan berbagi cara optimasi blog dengan mendaftarkan blog sobat ke Search Engine GooGle. (untuk mesin pencari yahoo dan MsN toko blog akan bahas selanjutnya) Manfaat jika blog anda telah terdaftar di Search Engine tentunya banyak banget. Tapi yang paling penting ialah agar blog anda cepat terindeks oleh mesin pencari seperti GooGle dan mudah mengetahui update terbaru blog sobat. Seperti pada tulisan saya browser terbaik yang cepat di indeks oleh GooGle. Dan jangan lupa juga memverivikasi blog yang telah terdaftar.

Untuk langkah mendaftarkan blog ke Search Engine GooGle cukup mudah dan toko blog akan jelaskan dengan image yang akan membantu sobat yang baru belajar blog dasar. Sebelumnya saya sedikit memberi gambaran Teknik ini termasuk langkah optimasi blog dasar bagi pemula internet. Termasuk langkah seo offpage dan bukan merupakan rahasia yang dimiliki para master SEo. Bagi yg udah master gak usah baca tulisan ini zaw. (kayaknya gak mungkin deh master SEo datang ke blog saya :-D)

Sobat Toko Blog (Toko Blogger panggilan buat fans Toko Blog :-D he…) ikuti langkah di bawah ini:

1. Silahkan sobat ke alamat URL www.google.com/webmasters/tools/ pada
kolom browser. Dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :
daftar+google+webmasters+tools


2. Kemudian masukan account gmail yang Anda miliki (jika belum silahkan pilih Creat an account Now / daftar Gmail) pada kolom isian email yang telah tersedia. Kemudian akan tampil seperti ini :

daftar+google+webmasters+tools

3. Lihat Halaman di atas, disana sobat blogger akan melihat sebuah kotak isian alamat URL, masukan alamat URL blog yang sobat miliki (exp; http://www.say.webid), lalu tekan tombol “Add Site”. 


4. Langkah selanjutnya setelah blog sobat terdaftar maka kembali ke menu DasborVerify a Site. Jika Blog yang sobat daftarkan lebih dari satu maka pilih blog dulu dan verifikasi blog tersebut. Klik “Verifikasi Your Site
daftar+google+webmasters+tools


5. Pada halaman berikutnya pilih cara memverifikasi blog anda. Saya sarankan pilih “Add a meta tag” yaitu dengan memasukkan kode html ke blogger sobat. Setelah sobat memilih menu add a meta tag maka akan ditampilkan kode seperti gambar di atas. Kemudian copy kode tersebut dan paste/tempatkan di kode html blog sobat. (silahkan baca ; Cara pasang kode verifikasi html di blogspot)

Jika kode verifikasi tersebut telah terpasang silahkan tekan tombol “verify” Dan proses pendaftaran blog ke mesin pencari GooGle telah berhasil dilakukan. Jangan lupa juga daftar ke Search engine besar lain seperti yahoo dan Bing - MSN.


Semoga tulisan diatas membantu sobat yang baru belajar blog dasar dan jangan lupa juga belajar seo dasar untuk mengoptimalkan blog dan memperbanyak pengunjung di blog/web yang anda miliki. Jika masih bingung apa itu SEO dan manfaatnya silahkan sharing aja sama toko blog. Dengan senang hati saya akan membantu sobat. Dan akhirnya perpisahan juga deh. :-D Tapi artikel gratis dari toko blog gak akan berakhir di tulisan cara mendaftarkan blog ke search engine google webmaster tools ini. :-P  Update terbaru silahkan baca Rahasia Seo serta tips meningkatkan Pagerank blog anda.